AHLAN WA SAHLAN SELAMAT DATANG DI BLOG YAYASAN PENDIDIKAN CAHAYA SHOLAWAT AL-HIDAYAH

Sabtu, 21 April 2012

WAKAF TUNAI PEMBELIAN TANAH


PANITIA PEMBELIAN TANAH UNTUK DIJADIKAN
 TANAH WAKAF
YAYASAN PENDIDIKAN CAHAYA SHOLAWAT AL-HIDAYAH

Inna lillahi wa inna illaihi rajiun

Telah Meninggal Dunia Salah Satu Penyumbang Tanah Wakaf  pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2012                                                                                                     yaitu Ibu Hj. Bayutiningsih, S.Pd Guru SDN Gadel 2 /577. 

Kami Segenap Panitia Pembelian Tanah Waqaf dan 

Yayasan Pendidikan Cahaya Sholawat Al-Hidayah, Ikut Berbela Sungkawa. Semoga Amal Kebajikan Beliau di terima oleh Allah Swt dan segala dosanya diampuni. amin Ya Rabbal 'alamin. 



PETAK TANAH WAKAF
JL. Gadel Sari Barat 2 No. 11 B, RT 05 RW 06, Kel. Karangpoh Kec. Tandes Surabaya - 60186

PARA PENYUMBANG UNTUK PEMBELIAN TANAH UNTUK TANAH WAKAF
UP DATE TANGGAL 4 Mei 2012 JAM 21.38 WIB
TERIMA KASIH ATAS KEIKUTSERTAAN ANDA BERWAKAF TUNAI.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90

1.  Petak No. 1   Bapak Ustadz Ahmad Kitram
31.  Petak No. 31 Bapak Achmad
61Petak No. 61 Bapak  ( Hamba Allah )
2.  Petak No. 2   Bapak Ustadz Ahmad Kitram
32.  Petak No. 32  Bapak Nawi (alm) – P. Harianto
62.  Petak No.62 Ibu Hj. Munah (Almh)
3.  Petak No. 3   Bapak Ustadz Ahmad Kitram
33.  Petak No. 33 Ibu Mi’in (almh) – P. Harianto
63.  Petak No. 63 Bpk. H. Mus
4.  Petak No. 4   Bapak Ustadz Ahmad Kitram
34.  Petak No. 34  Ibu Ngatini – P. Harianto
64.  Petak No. 64 Ibu Malicha
5.  Petak No. 5   Bapak Zainul Lutfi
35.  Petak No. 35  Bapak Misto – P. Harianto
65.  Petak No. 65 Bapak Pendik Gadel
6.  Petak No. 6   Bapak Zainul Lutfi
36.  Petak No. 36  Bapak Supardi – P. Subagyo
66.  Petak No. 66 Bpk. M. Arif Gadel
7.  Petak No. 7   Bapak Achmad Sholeh
37.  Petak No. 37    Ibu Umayah – P. Subagyo  
67.  Petak No. 67  Bpk. M. Arif Gadel
8.  Petak No. 8   Bapak Achmad Sholeh
38.  Petak No. 38    Bapak Sadeli (alm) – P. Slamet
68.  Petak No. 68 Sdri. Desti Muzarofatus S.
9.  Petak No. 9   Bapak Edi Suprayetno
39.  Petak No. 39   Achmad  – P. Setia Hadi
69.  Petak No. 69 Ibu Suliyah
10.     Petak No. 10 Bapak Edi Suprayetno
40.  Petak No. 40   Febri – P. Setia Hadi  
70.  Petak No. 70 Ibu Suliyah
11.     Petak No. 11 Bapak Joko Suwarno
41.  Petak No. 41  Bapak Marim – P. Mansur
71.  Petak No. 71 Bpk. Barjan
12.     Petak No. 12 Bapak Joko Suwarno
42.  Petak No. 42  Ibu Kayatun – P. Mansur  
72.  Petak No. 72 ………………………………..
13.     Petak No. 13 Bapak Joko Suwarno
43.  Petak No. 43   Bapak Fauzan Hadi  
73.  Petak No. 73 ………………………………..
14.     Petak No. 14 Bapak Joko Suwarno
44.  Petak No. 44  Bapak Fauzan Hadi
74.  Petak No. 74 ………………………………..
15.     Petak No. 15 Bapak Moch. Hafid
45.  Petak No. 45 Bapak Fauzan Hadi
75.  Petak No. 75 ………………………………..
16.     Petak No. 16 Bapak Moch. Hafid
46.  Petak No. 46  Bapak Fauzan Hadi
76.  Petak No. 76 ………………………………..
17.     Petak No. 17 Bapak Abdul Rochim
47.  Petak No. 47  Bapak Fauzan Hadi
77.  Petak No. 77 ………………………………..
18.     Petak No. 18 Bapak Abdul Rochim
48.  Petak No. 48 Bapak Fauzan Hadi 
78.  Petak No. 78 ………………………………..
19.     Petak No. 19 Bapak Suhari
49.  Petak No. 49 Bapak Fauzan Hadi 
79.  Petak No. 79 ………………………………..
20.     Petak No. 20 Bapak Suyadi
50.  Petak No. 50 Bapak Yoyok Sunaryo
80.  Petak No. 80 ………………………………..
21.     Petak No. 21 Bapak Suyadi
51.  Petak No. 51 Bapak Yoyok Sunaryo
81.  Petak No. 81 ………………………………..
22.     Petak No. 22 Bapak Amirul Hamzah
52.  Petak No. 52  Ibu Malicha
82.  Petak No. 82 ………………………………..
23.     Petak No. 23 Bapak Joko
53.  Petak No. 53 Ibu Hj. Bayu Tiningsih, S.Pd
83.  Petak No. 83 ………………………………..
24.     Petak No. 24 Bapak Joko
54.  Petak No. 54 Ibu Hj. Bayu Tiningsih, S.Pd
84.  Petak No. 84 ………………………………..
25.     Petak No. 25 Bapak Joko
55.  Petak No. 55  Ibu Siti Sri Suhartini
85.  Petak No. 85 ………………………………..
26.     Petak No. 26 Bapak Joko
56.  Petak No. 56  Bapak Rochman
86.  Petak No. 86
27.     Petak No. 27 Bapak Suyadi
57.  Petak No. 57 Bapak Rochman
87.  Petak No. 87 ………………………………..
28.     Petak No. 28 Ibu Suhermi
58.  Petak No. 58 Bapak Nardi
88.  Petak No. 88 ………………………………..
29.     Petak No. 29 Bapak Narimo
59.  Petak No. 59 Bapak Yuwono
89.  Petak No. 89 ………………………………..
30.     Petak No. 30 Bapak Narimo
60.  Petak No. 60 Bpk  (Hamba Allah)
90.  Petak No. 90 ………………………………..

Luas Tanah Waqaf  10 m x 9 m = 90 m2
Harga per meter / 1 m2             = Rp 250.000,00
Harga Keseluruhan                   = Rp 22.500.000,00

Bagi Yang Ingin Ikut Partisipasi Bisa Menghubungi Panitia
Bisa Melalui www.facebook.com/Yp Al-hidayah
E-mail : ypchsalhidayah@yahoo.com
www.alhidayahgadel.blogspot.com
HP : 081 216117734
Sumbangan Wakaf Tunai Anda Bisa Dikirim Melalui : 
Nomor Rekening : BANK  JATIM Kantor Cabang Perak Surabaya
 Atas nama RA AL-HIDAYAH
     Nomor Rekening :  0332363204


Pengertian Wakaf PDF Cetak E-mail
Sumber : http://bwi.or.id


Secara etimologi, wakaf berasal dari perkataan Arab “Waqf” yang bererti “al-Habs”. Ia merupakan kata yang berbentuk masdar (infinitive noun) yang pada dasarnya berarti menahan, berhenti, atau diam. Apabila kata tersebut dihubungkan dengan harta seperti tanah, binatang dan yang lain, ia berarti pembekuan hak milik untuk faedah tertentu (Ibnu Manzhur: 9/359).

Sebagai satu istilah dalam syariah Islam, wakaf diartikan sebagai penahanan hak milik atas materi benda (al-‘ain) untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya (al-manfa‘ah) (al-Jurjani: 328). Sedangkan dalam buku-buku fiqh, para ulama berbeda pendapat dalam memberi pengertian wakaf. Perbedaan tersebut membawa akibat yang berbeda pada hukum yang ditimbulkan. Definisi wakaf menurut ahli fiqh adalah sebagai berikut.

Pertama, Hanafiyah mengartikan wakaf sebagai menahan materi benda (al-‘ain) milik Wakif dan menyedekahkan atau mewakafkan manfaatnya kepada siapapun yang diinginkan untuk tujuan kebajikan (Ibnu al-Humam: 6/203). Definisi wakaf tersebut menjelaskan bahawa kedudukan harta wakaf masih tetap tertahan atau terhenti di tangan Wakif itu sendiri. Dengan artian, Wakif masih menjadi pemilik harta yang diwakafkannya, manakala perwakafan hanya terjadi ke atas manfaat harta tersebut, bukan termasuk asset hartanya.

Kedua, Malikiyah berpendapat, wakaf adalah menjadikan manfaat suatu harta yang dimiliki (walaupun pemilikannya dengan cara sewa) untuk diberikan kepada orang yang berhak dengan satu akad (shighat) dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keinginan Wakif (al-Dasuqi: 2/187). Definisi wakaf tersebut hanya menentukan pemberian wakaf kepada orang atau tempat yang berhak saja.

Ketiga, Syafi‘iyah mengartikan wakaf dengan menahan harta yang bisa memberi manfaat serta kekal materi bendanya (al-‘ain) dengan cara memutuskan hak pengelolaan yang dimiliki oleh Wakif untuk diserahkan kepada Nazhir yang dibolehkan oleh syariah (al-Syarbini: 2/376). Golongan ini mensyaratkan harta yang diwakafkan harus harta yang kekal materi bendanya (al-‘ain) dengan artian harta yang tidak mudah rusak atau musnah serta dapat diambil manfaatnya secara berterusan (al-Syairazi: 1/575).

Keempat, Hanabilah mendefinisikan wakaf dengan bahasa yang sederhana, yaitu menahan asal harta (tanah) dan menyedekahkan manfaat yang dihasilkan (Ibnu Qudamah: 6/185). Itu menurut para ulama ahli fiqih. Bagaimana menurut undang-undang di Indonesia? Dalam Undang-undang nomor 41 tahun 2004, wakaf diartikan dengan perbuatan hukum Wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah.

Dari beberapa definisi wakaf tersebut, dapat disimpulkan bahwa wakaf bertujuan untuk memberikan manfaat atau faedah harta yang diwakafkan kepada orang yang berhak dan dipergunakan sesuai dengan ajaran syariah Islam. Hal ini sesuai dengan fungsi wakaf yang disebutkan pasal 5 UU no. 41 tahun 2004 yang menyatakan wakaf berfungsi untuk mewujudkan potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

Rukun Wakaf

Rukun Wakaf Ada empat rukun yang mesti dipenuhi dalam berwakaf. Pertama, orang yang berwakaf (al-waqif). Kedua, benda yang diwakafkan (al-mauquf). Ketiga, orang yang menerima manfaat wakaf (al-mauquf ‘alaihi). Keempat, lafadz atau ikrar wakaf (sighah).

Syarat-Syarat Wakaf

1. Syarat-syarat orang yang berwakaf (al-waqif)Syarat-syarat al-waqif ada empat, pertama orang yang berwakaf ini mestilah memiliki secara penuh harta itu, artinya dia merdeka untuk mewakafkan harta itu kepada sesiapa yang ia kehendaki. Kedua dia mestilah orang yang berakal, tak sah wakaf orang bodoh, orang gila, atau orang yang sedang mabuk. Ketiga dia mestilah baligh. Dan keempat dia mestilah orang yang mampu bertindak secara hukum (rasyid). Implikasinya orang bodoh, orang yang sedang muflis dan orang lemah ingatan tidak sah mewakafkan hartanya.

2. Syarat-syarat harta yang diwakafkan (al-mauquf)Harta yang diwakafkan itu tidak sah dipindahmilikkan, kecuali apabila ia memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh ah; pertama barang yang diwakafkan itu mestilah barang yang berharga Kedua, harta yang diwakafkan itu mestilah diketahui kadarnya. Jadi apabila harta itu tidak diketahui jumlahnya (majhul), maka pengalihan milik pada ketika itu tidak sah. Ketiga, harta yang diwakafkan itu pasti dimiliki oleh orang yang berwakaf (wakif). Keempat, harta itu mestilah berdiri sendiri, tidak melekat kepada harta lain (mufarrazan) atau disebut juga dengan istilah (ghaira shai’).

3. Syarat-syarat orang yang menerima manfaat wakaf (al-mauquf alaih) Dari segi klasifikasinya orang yang menerima wakaf ini ada dua macam, pertama tertentu (mu’ayyan) dan tidak tertentu (ghaira mu’ayyan). Yang dimasudkan dengan tertentu ialah, jelas orang yang menerima wakaf itu, apakah seorang, dua orang atau satu kumpulan yang semuanya tertentu dan tidak boleh dirubah. Sedangkan yang tidak tentu maksudnya tempat berwakaf itu tidak ditentukan secara terperinci, umpamanya seseorang sesorang untuk orang fakir, miskin, tempat ibadah, dll. Persyaratan bagi orang yang menerima wakaf tertentu ini (al-mawquf mu’ayyan) bahwa ia mestilah orang yang boleh untuk memiliki harta (ahlan li al-tamlik), Maka orang muslim, merdeka dan kafir zimmi yang memenuhi syarat ini boleh memiliki harta wakaf. Adapun orang bodoh, hamba sahaya, dan orang gila tidak sah menerima wakaf. Syarat-syarat yang berkaitan dengan ghaira mu’ayyan; pertama ialah bahwa yang akan menerima wakaf itu mestilah dapat menjadikan wakaf itu untuk kebaikan yang dengannya dapat mendekatkan diri kepada Allah. Dan wakaf ini hanya ditujukan untuk kepentingan Islam saja.

4. Syarat-syarat Shigah Berkaitan dengan isi ucapan (sighah) perlu ada beberapa syarat. Pertama, ucapan itu mestilah mengandungi kata-kata yang menunjukKan kekalnya (ta’bid). Tidak sah wakaf kalau ucapan dengan batas waktu tertentu. Kedua, ucapan itu dapat direalisasikan segera (tanjiz), tanpa disangkutkan atau digantungkan kepada syarat tertentu. Ketiga, ucapan itu bersifat pasti. Keempat, ucapan itu tidak diikuti oleh syarat yang membatalkan. Apabila semua persyaratan diatas dapat terpenuhi maka penguasaan atas tanah wakaf bagi penerima wakaf adalah sah. Pewakaf tidak dapat lagi menarik balik pemilikan harta itu telah berpindah kepada Allah dan penguasaan harta tersebut adalah orang yang menerima wakaf secara umum ia dianggap pemiliknya tapi bersifat ghaira tammah. 

PETA MENUJU LOKASI
TANAH YANG DIBELI UNTUK DIJADIKAN TANAH WAKAF

Tanah Wakaf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar